Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) Berbasis Web-GIS

17 January 2022, 14:21 Galih Aries Pelatihan
Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) Berbasis Web-GIS

Terbitnya Undang – undang No 6 Tahun 2014 tentang desa, memberikan kewajiban kepada pemerintah desa untuk mengembangkan Sistem Informasi Desa (SID) untuk mempercepat pengelolaan data desa, pelayanan, dan memanfaatkan data desa untuk keperluan seluas-luasnya serta mewujudkan pemerintahan desa yang transparan dan akuntable.

Sistem Informasi Desa (SID) adalah kanal media untuk menginformasikan masyarakat, pemerintah desa, kementerian, lembaga, satuan kerja perangkat daerah, dan institusi lainnya (K/L/D/I) tentang kondisi desa, perencanaan pembangunan dan pemberdayaan, serta pencapaian pembangunan yang telah dicapai oleh desa. Informasi dalam kanal ini diperoleh berdasarkan data SDGs Desa, Indeks Desa Membangun (IDM), Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan Dana Desa. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, serta Kementerian lainnya dapat memperoleh data kondisi dan kebutuhan yang menjadi acuan dalam melakukan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan di desa.

Sebagai wujud pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) pemerintah Kalurahan singosaren Kapenewon Banguntapan Kabupaten Bantul bekerjasama dengan CV Geo Art Science mengadakan pengembangan Integrasi data SID dengan data kewilayahan. Bentuk kerjasama diawali dengan kegiatan pemetaan potensi wilayah kalurahan yang kemudian dilanjutkan dengan pengembangan website desa untuk mengintegrasikan data kewilayahan dengan data kependudukan yang ada di SID sehingga data yang ada dapat dimanfaatkan lebih optimal sebagai media komunikasi pemerintahan desa dengan masyarakat di era digital yang serba cepat.

CV Geo Art Science menyediakan pelatihan pengembangan SID dan optimasi website desa Bila Anda membutuhkannya silahkan menghubungi kami.