Strategi Percepatan Target Kinerja Penanggulangan Bencana Kabupaten Madiun

28 June 2022, 23:22 Galih Aries Kegiatan
Strategi Percepatan Target Kinerja Penanggulangan Bencana Kabupaten Madiun

Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami dan Wakil Bupati Madiun H. Hari Wuryanto menyaksikan sekaligus menguatkan Komitmen Bersama Bencana Adalah Urusan Bersama yang ditandatangani bersama Asisten Sekretaris Daerah, Staf Ahli Bupati, pimpinan perangkat daerah, Camat, dan Kepala Bagian Setda Kabupaten Madiun. Penandatanganan komitmen di Graha Eka Kapti, Rabu (16/2), ini bertepatan dengan acara Strategi Percepatan Target Kinerja Penanggulangan Bencana Dalam Rangka Penguatan Daya Saing Daerah Kabupaten Madiun yang diprakarsai BPBD.
Kali ini, Bupati yang akrab disapa Kaji Mbing terlihat begitu berapi-api dalam menyampaikan arahannya. Semangat Bupati ini sangatlah beralasan mengingat Kabupaten yang dipimpinnya ini tergolong daerah rawan bencana terutama banjir. Bupati berharap para kaki tangannya tidak main-main dalam pencegahan, penanganan hingga memberi edukasi dan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan bencana. Untuk itu, Kaji Mbing menegaskan perubahan pola pikir masyarakat sangat penting agar mereka punya kepekaan sendiri terhadap pencegahan bencana. “
Dirinya bercerita, suatu ketika pernah susur sungai tapi semakin jauh bantaran sungai semakin menyempit bahkan berubah menjadi sawah. Akibatnya, jika hujan air pasti akan meluap karena kehilangan saluran irigasinya. Selain itu, Bupati juga menilai sekarang ini sudah tidak ada lagi kegiatan susuk kalen (bersih-bersih di irigasi), sehingga saluran irigasi dipenuhi sampah dan rumput yang menghambat air saat musim hujan. 


“Acara ini bagian dari upaya memperkuat program atau sistem  penanggulangan bencana serta sebagai upaya percepatan pencapaian target pencapaian kinerja RPJMD Kabupaten Madiun dalam sub urusan bencana. Kita gugah kembali  kesiapsiagaan, kesadaran kita mulai dari jajaran aparatur pemerintah”, kata Sahrowi.

Selain penandatanganan komitmen bersama, acara itu juga diisi dengan paparan Strategi Percepatan Target Kinerja Penanggulangan Bencana  dalam rangka Penguatan Daya Saing Daerah tahun 2023.  Narasumber Galih Aries Swastanto, M.Sc dari CV. Geo Art Science Yogyakarta dalam paparannya antara lain mengatakan, urusan bencana itu kompleks dan menyeluruh, sehingga diperlukan keterlibatan multipihak secara bersama-sama, dengan adanya koordinasi dalam pelaksanaan program kegiatan diharapkan kegiatan lebih banyak dilakukan pada tahap mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan masyarakat  sehingga ketika bencana terjadi dampak yang ditimbulkan tidak terlalu besar. Adanya komitmen bersama penanggulangan bencana di Kabupaten Madiun ini, merupakan langkah awal yang sangat strategis terlebih yang menandatangi komitmen tersebut adalah kepala OPD sebagai penentu kebijakan pada dinas terkait untuk mencapai Visi-Misi Kepala Daerah.
“Lembar Komitmen bersama itu kita tempelkan. Kemudian pada saat penyusunan perencanaan apalagi kita menyampaikan di sini adalah penguatan daya saing daerah pada tahun 2023, sehingga dalam kegiatan penyusunan perencanaan program ke depan lebih mengupayakan pengarusutamaan penanggulangan bencana dalam kegiatan perencanaan pembangunan”, katanya.